Topik

Berdasarkan pendapat ahli diatas, menurut pendapat saya Business Intellegence adalah sebuah proses memanipulasi information baik berupa mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan meringkas knowledge baik dari intern perusahaan ataupun dari bisnis pesaing untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bagi pejabat perusahaan. Sekitar tahun 1980an mulai dari DSS, EIS (Executive Information System), information warehouse, OLAP dan Business Intelligence mulai menjadi perhatian dan menjadi suatu kesatuan system. Pada awal 90-an lahirlah Business Intelligence yang didahului oleh kemunculan DSS (Decision Support System) dan kemudian Executive Information System (EIS). Penerapan Business Intelligence (BI) membuat aliran data dan informasi di dalam perusahaan saling terintegrasi satu sama lain nya. Perusahaan bersandar lebih pada sistem business intelligence untuk tetap berada di depan kecenderungan dan kejadian di masa datang.business intelligencebusiness intelligence

Bank Central memainkan peran penting dalam menjaga integritas sistem dari sistem perbankan dan meluruskan pertumbuhannya pada kebijaksanaan moneter keseluruhan pada Negara. Tujuan utamanya yaitu untuk mereduksi beragam dimensi menjadi satu atau dua (dengan mendeteksi pola pada knowledge) yang dapat dipresentasikan pada pembuat-keputusan manusia. Perusahaan akan mempunyai ‘Single View of the Truth’ atas semua informasi pada semua stage organisasi.business intelligence

Juga dikenal sebagai Business Intelligence Dashboard, Enterprise Dashboard, atau Executive Dashboard, merupakan summary dalam bentuk visual dari suatu information bisnis yang menampilkan kondisi bisnis melalui metrics dan Key Performance Indicators (KPIs). Menurut Elena (2010, 1), Business Intelligence merupakan suatu teknik komputer yang memfungsikan pemilihan knowledge, penggalian knowledge, dan analisis bisnis information, seperti penjualan suatu produk dari suatu departemen atau asosiasi”. Contoh umum data mart adalah untuk departemen penjualan, departemen persediaan dan pengiriman, departemen keuangan, manajemen tingkat atas, dan seterusnya.

Menurut Stefan Adhi Nugroho (2008), Bussiness Intelegence adalah rangkainan aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan dan menganalisis dan menyuguhkan akses data untuk membantu petinggi perusahaan dalam mengambil keputusan. Business Inteligence (BI) bukan sebuah produk atau sistem, melainkan sebuah arsitektur dan koleksi operasional yang terintegrasi terhadap aplikas pengambil keputusan dan database yang menyediakan pelaku bisnis kemudahan akses kepada data bisnis. Ini juga merupakan suatu tempat penyimpanan data pada saat ini dan knowledge historikal dari kepentingan manajer di seluruh organisasi.

Oleh karena itu pihak perusahaan khusus nya perusahaan perbankan, menggunakan suatu metode yang dikenal sebagai Business Intelligence. Pusat informasi yang diatur dengan baik dapat menyimpan informasi pada bentuk ini untuk kemudahan dan kecepatan mengakses informasi. Data warehouse diremajakan secara batch, tidak serta-merta setiap terjadinya transaksi pada sistem-sistem sumber tersebut.