Kecerdasan Bisnis (Business Intelligence)

Business intelligence as it is understood right now is claimed to have developed from the choice assist programs (DSS) that started within the 1960s and developed throughout the mid-Nineteen Eighties. Sedangkan knowledge mart ialah suatu bagian pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan. IJBIDM is dedicated to the publications of high quality papers on theoretical developments and practical applications in enterprise intelligence, information analysis and information mining. Dengan BI maka semua level Desicion Maker mulai dari para high level administration, midle management, sampai Operational Staff dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat, semua stakeholder akan mendapatkan Informasi menyeluruh sesuai dengan enterprise Role nya.business intelligencebusiness intelligence

Proses Load dalam ETL adalah suatu proses mengirimkan information yang telah menjalani proses transformasi ke gudang knowledge akhir, yaitu Data Warehouse itu sendiri di mana aplikasi reporting dan business intelligence siap mengakses.Untuk memudahkan pembuatan report dan meningkatkan performance, struktur database dari suatu Data Warehouse biasanya berbentuk Star Schema.business intelligence

Bank Central memainkan peran penting dalam menjaga integritas sistem dari sistem perbankan dan meluruskan pertumbuhannya pada kebijaksanaan moneter keseluruhan pada Negara. Tujuan utamanya yaitu untuk mereduksi beragam dimensi menjadi satu atau dua (dengan mendeteksi pola pada data) yang dapat dipresentasikan pada pembuat-keputusan manusia. Perusahaan akan mempunyai ‘Single View of the Truth’ atas semua informasi pada semua degree organisasi.

Cara lain adalah seandanya bisa di flat (flattened dimension) pastinya akan lebih enak, dan di question untuk bikin report nya dilakukan group by dan where condition dengan subquery2 yang cukup complex. Reporting : Business Intelligence membutuhkan teknologi dan sistem pelaporan dan analisa untuk mendapatkan informasi yang terstruktur ataupun tidak.

Cara kedua mengubah database OLAP adalah untuk menentukan unsur knowledge yang terdapat di database tertentu. Menurut DJ Powers (2002), Business Intellegence menjelaskan tentang suatu konsep dan metode untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis berdasarkan sistem dan berbasis information. Tergantung pada kebutuhan untuk membersihkan information dan mengubah knowledge yang telah dibangun selama proses analysis knowledge dan proses merancang ETL. Dari SPK, gudang data, Sistem Informasi Eksekutif, OLAP dan inteligensi bisnis muncul menjadi fokus pada akhir eighty-an.