International Journal Of Business Intelligence And Data Mining (IJBIDM)

Business Intelligence adalah sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari knowledge mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Business intelligent system merupakan istilah yang umumnya digunakan untuk jenis aplikasi maupun teknologi yang digunakan untuk membantu kegiatan businnes intelligence, seperti mengumpulkan information, menyediakan akses serta menagnalisis knowledge dan informasi mengenai kinerja perusahaan. Top-Down sangat tepat untuk sebuah organisasi yang akan membangun Business Intelligence nya dimana pada waktu yang bersamaan terdapat pembangunan secara menyeluruh pada setiap aspek organisasi.

Menurut Kroenke & Aeur (2012 : 549), Business Intelligence adalah sebuah sistem informasi yang membantu supervisor dan para profesional dalam menganalisis kegiatan saat ini ataupun masa lalu dan membuat prediksi kejadian di masa depan. Dan Business intelligence dapat membantu supervisor dan para profesional dalam menganalisis semua kegiatan saat ini maupun masa lalu dan membantu dalam membuat prediksi kejadian yang akan terjadi di masa depan.

Saat ini Industri Perbankan sedang menghadapi tantangan pasar yang sangat pelik, seperti membutuhkan lingkungan transaksi yang sangat aman, kondisi ekonomi global yang tidak menentu, Regulasi pemerintah yang ketat, dan tuntutan customer yang selalu berekspektasi tinggi. Pada tahun 1989 dalam sebuah artikel terbitan Gartner, Howard Dresner menggunakan istilah Business Intelligence (BI) Dia menggambarkan istilah tersebut sebagai seperangkat konsep dan metode yang berguna untuk meningkatkan kemampuan pembuatan keputusan dengan bantuan sistem yang berbasiskan fakta atau realita yang terjadi.

Dengan menerapkan Business Intelligence, maka perusahan seharusnya tidak perlu mengubah dan mengganti sistem informasi yang sudah digunakan sebelumnya. Karena Windward Laporan NET pelaporan mesin, Scott Duglase dapat lebih fokus pada pelanggan dan kurang di layar komputernya. D. Sedikit masalah teknis Ini karena -pertama- sifatnya yang user pleasant meminimasi kemungkinan working error dari person, dan -kedua- BI hanya merupakan software pada layer teratas (data processing) dan bukan business course of management.business intelligence

Strategis disini artinya adalah dapat mendukung pengambilan keputusan dalam body waktu yang semakin baik dari hari ke hari. Technologies yang dimaksud disini adalah perangkat keras, dan perangkat lunak yang berpengaruh sangat besar dalam memfasilitasi pengembangan dari sebuah sistem business intelligence di dalam setiap perusahaan. Pada tingkat operasional, indikasi perbankan, keuangan dan makroekonomi diikuti untuk menyediakan panduan untuk keputusan sehari-hari dalam kerangka kebijaksanaan pemerintah. Setiap aplikasi Business Intelligence harus disesuaikan dengan biaya dan menjelaskan keuntungan secara jelas tentang penyelesaian masalah bisnis atau mengambil keuntungan dari peluang bisnis.business intelligencebusiness intelligence