Business Intelligence

It occurred so quick …. With one foot within the entice, it seemed like he had completely failed in his mission. Business Intelligence merupakan suatu metode yang digunakan untuk melakukan ekstrasi data yang dimiliki suatu perusahaan dan dikelompokan menjadi beberapa kelompok, knowledge yang dikelompokan tersebut dimasukan pada suatu knowledge warehouse. Business Intelligence (BI) merupakan representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap data untuk membantu consumer dalam suatu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik (Nirwasita,2012).

Menurut Connolly & Begg (2010:1197), Data Warehouse adalah suatu kumpulan data yang bersifat topic-oriented, integrated, time variant, dan non-unstable dalam mendukung proses pengambilan sebuah keputusan. Pada umumnya, information warehouse menyimpan information histori beberapa tahun dan diquery untuk keperluan business intelligence atau aktifitas analisis lainnya.

Sales Force Automation adalah sistem informasi yang digunakan oleh bagian Sales atau Sales Management untuk membantu melakukan otomatisasi fungsi-fungsi gross sales force administration. Pada umumnya sistem OLTP adalah sistem penerimaan order pelanggan, sistem keuangan, dan sistem sumber daya manusia. Business Intelligence biasanya dikaitkan dengan upaya untuk memaksimalkan kinerja suatu organisasi. Cara yang paling sederhana adalah menyajikan knowledge warehouse pada rentang waktu tertentu, misalnya antara 5 sampai 10 tahun ke depan. Intelligence (BI) inisiatif dan sering proyek perlu diprioritaskan melalui inisiatif strategis.business intelligence

Contoh atribut dimensi adalah nama barang dan warna barang, sedangkan contoh atribut ukuran adalah jumlah barang. Pada akhirnya knowledge akan di ekstrak dan digunakan sebagai bahan dan model matematika dan metodologi analysis untuk membantu pengambilan keputusan. Contoh penerapan business intelligence pada industri perbankan adalah customer relationship management, customer credit score analysis, risk administration, credit card analysis, customer segmentation, dll (Hair, 2007), (Dan, 2008). Special issues are devoted to present issues in enterprise intelligence and methods.

Juga dikenal sebagai Business Intelligence Dashboard, Enterprise Dashboard, atau Executive Dashboard, merupakan summary dalam bentuk visible dari suatu knowledge bisnis yang menampilkan kondisi bisnis melalui metrics dan Key Performance Indicators (KPIs). Menurut Elena (2010, 1), Business Intelligence merupakan suatu teknik komputer yang memfungsikan pemilihan information, penggalian knowledge, dan analisis bisnis information, seperti penjualan suatu produk dari suatu departemen atau asosiasi”. Contoh umum information mart adalah untuk departemen penjualan, departemen persediaan dan pengiriman, departemen keuangan, manajemen tingkat atas, dan seterusnya.business intelligencebusiness intelligence