Business Intelligence For Competitive Advantage

Business Intelligence (BI) adalah umbrella term yang menggabungkan arsitektur, perangkat/tools, database, aplikasi dan methodologi. Menggunakan Extract,Transform and Load (ETL) yang berasal dari sumber yang berbeda disimpan didalam database untuk membantu business intelligence melakukan analisis. As efficiency management (PM) and enterprise intelligence (BI) proceed to high the checklist of strategic initiatives, maximizing the inherent value of all enterprise data is a high priority. Analytic adalah suatu model matematika dan metodologi analisis yang merupakan salah satu kunci utama dalam menambahkan informasi dan dalam pengambilan informasi yang ada didalam sebagian besar organisasi. Teknologi-teknologi tersebut diantaranya adalah Data Warehouse, Data Mart, OLAP, Data Mining, serta Open Data.

Selain itu perusahaan juga dapat menyimpan knowledge pada data warehouse, Data Warehouse adalah sekumpulan information yang akan dihasilkan untuk mendukung dalam pengambilan keputusan di setiap perusahaan. Namun sebaliknya, jika menerapkan Business Intelligence perusahaan hanya perlu menambahkan beberapa layanan pada sistem yang sudah digunakan sehingga data dan informasi menjadi lebih kompherensif dan memiliki manfaat yang baik.

Untuk memastikan non-volatilitas, Data Warehouse adalah data yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis/dimodifikasi (Read Only). Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses data untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan (Stevans, 2012).

Untuk tools yang hanya bisa mengakses Data Mart RDBMS (bukan ROLAP, karena ROLAP adalah storage choice untuk OLAP, berbeda dengan Data Mart on RDBMS), tergantung toolsnya. Istilah intelijen bisnis (bahasa Inggris: enterprise intelligence, BI) merujuk pada teknologi, aplikasi, serta praktik pengumpulan, integrasi, analisis, serta presentasi informasi bisnis atau kadang merujuk pula pada informasinya itu sendiri.business intelligencebusiness intelligence

Penjaja business intelligence biasanya mengembangkan sistem enterprise intelligence berbeda-beda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dari sektor yang berbeda-beda. Bob menganggap bahwa perusahaannya adalah keluarga, semua anggota keluarga Kem harus saling menghargai, tidak ada yang utama,semuanya punya fungsi dan kekuatan sendiri-sendiri. Jadi hubungan antara information mining dan business intellegence berada pada data yang akan diproses.business intelligence