Business Intelligence (BI) Tools & Software

Secara umum Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi knowledge-data operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah data warehouse yang selanjutnya diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses knowledge mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pattern dari data (Choirul, 2006). IJBIDM publishes authentic research results, surveys and tutorials of important areas and strategies, detailed descriptions of great purposes, technical advances and information gadgets concerning use of intelligent information analysis approach in enterprise purposes. Data warehouse bukan hanya tempat penyimpanan data, Datawarehouse adalah Business Intelligence tools, instruments to extract, merubah (transform) dan menerima data (load) ke penyimpanan (repository) serta mengelola dan menerima metadata. Data multidimensi adalah data yang dapat dimodelkan sebagai atribut dimensi dan atribut ukuran.business intelligence

Tahap ini dilakukan pengembangan rencana strategis dan taktis yang menghasilkan bagaimana proyek Business Intelligence akan dikerjakan dan di selesaikan. Dengan asumsi table hierarchy nya adalah dalam bentuk mum or dad-baby relationship, tinggal dilakukan ‘OLAP’ question langsung di desk itu untuk membangun hirarkinya dan bisa dijadikan view atau MQT. Business intelligence, biasa disebut BI adalah teknologi yang menggunakan komputer yang berguna untuk mencari, menggali, dan menganalisis informasi dari information bisnis misalnya hasil penjualan suatu produk atau pendapatan/pengeluaran salah satu anak perusahaan.

Baginya uang adalah nomer sekian, yang penting adalah kemauan, komitmen tinggi, dan selalu bisa menemukan dan berani mengambil peluang. Dalam perancangan dan pengembangan ETL, kualitas data, fleksibilitas sistem dan kecepatan proses adalah perhatian utama. G. Responsiveness Sifat BI lain yang tidak dimiliki oleh ERP adalah dalam hal kecepatan (responsiveness).

Business efficiency administration (BPM) adalah berfungsi menyediakan software software yang mereka butuhkan untuk pengelolaan aplikasi mereka. Sistem enterprise intelligence dapat membantu perusahaan untuk memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yangt mempengaruhi bisnis mereka, misalnya penjualan, produksi, operasi internal dan juga dalam pemgambilan keputusan. Dispersion adalah penyebaran, yang dimaksud dengan dispersion pada monitoring adalah memonitor penyebaran suatu produk dalam perusahaan.business intelligencebusiness intelligence

Namun bagi yang berkecimpung di dunia IS/ES (Information System/Enterprise System), kita dengan mudah belajar bahwa pasti akan ada aplikasi-aplikasi lain yang akan muncul dan memberikan profit-profit baru pada praktisi industri. Aplikasi dan teknologi business intelligence dapat memungkinkan organisasi untuk membuat keputusan yang lebih masuk akal, business intelligence juga dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan yaitu untuk mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan dengan competitor. Pada tahun 2012, sepertiga dari aplikasi analitik diterapkan pada proses bisnis akan disampaikan melalui aplikasi mashup kasar.