Business Intelligence Analysis

Berangkat dari sebuah masalah yang dihadapi Korea Selatan, yaitu tingkat bunuh diri yang tinggi, sebuah perusahaan asuransi Korea – Samsung Life Insurance – mencoba mencari cara yang tepat untuk membantu masalah sosial yang semakin meningkat ini. Business Intelligence merupakan suatu metode yang digunakan untuk melakukan ekstrasi information yang dimiliki suatu perusahaan dan dikelompokan menjadi beberapa kelompok, data yang dikelompokan tersebut dimasukan pada suatu knowledge warehouse. Business Intelligence (BI) merupakan representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap knowledge untuk membantu person dalam suatu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik (Nirwasita,2012).

Sales Force Automation adalah sistem informasi yang digunakan oleh bagian Sales atau Sales Management untuk membantu melakukan otomatisasi fungsi-fungsi gross sales force administration. Pada umumnya sistem OLTP adalah sistem penerimaan order pelanggan, sistem keuangan, dan sistem sumber daya manusia. Business Intelligence biasanya dikaitkan dengan upaya untuk memaksimalkan kinerja suatu organisasi. Cara yang paling sederhana adalah menyajikan data warehouse pada rentang waktu tertentu, misalnya antara 5 sampai 10 tahun ke depan. Intelligence (BI) inisiatif dan sering proyek perlu diprioritaskan melalui inisiatif strategis.

Selain itu, enterprise intelligence juga dapat membantu perusahaan menganalisa perubahan trend pada pasar, perubahan pada perilaku pelanggan, pilihan pelanggan, kemampuan perusahaan dan kondisi pasar. Software Business Process Management (BPM) memang mampu memberikan report dan analisis, namun cukup sederhana dan hanya bertolak pada kondisi intern.

Data warehouse adalah knowledge-data yang berorientasi subjek, terintegrasi, memiliki dimensi waktu, serta merupakan koleksi tetap (non-unstable), yang digunakan dalam mendukung proses pengambilan keputusan oleh para manajer di setiap jenjang (namun terutama pada jenjang manajerial yang memiliki peringkat tinggi). Ini karena -pertama- sifatnya yang person pleasant meminimasi kemungkinan operating error dari person, dan -kedua- BI hanya merupakan software pada layer teratas (information processing) dan bukan business course of administration. Pada awalnya sebagai peternak ayam, Bob menjual telor beberapa kilogram per hari bersama istrinya.business intelligence

Proses ETL ini adalah proses yang paling rumit dari seluruh proyek pendukung kebutuhan BI. Kualitas yang buruk dari sumber information biasanya memerlukan banyak waktu untuk menjalankan transformasi dan program pembersihan. Data mining adalah proses menerapkan metode ini untuk information dengan maksud untuk mengungkap pola-pola tersembunyi. Supply Chain Management adalah suatu konsep yang menyangkut pola pendistribusian produk yang mampu menggantikan pola-pola pendistribusian produk secarat radisional. Eksekutif dan analis dari Bank Central mengikuti nadi keuangan negara dengan secara dekat memantau parameter kunci pada lingkungan ekonomi dan perbankan.business intelligencebusiness intelligence