Business Intelligence

Istilah intelijen bisnis (bahasa Inggris: business intelligence, BI) merujuk pada teknologi, aplikasi, serta praktik pengumpulan, integrasi, analisis, serta presentasi informasi bisnis atau kadang merujuk pula pada informasinya itu sendiri. Dalam hal knowledge perbankan tersebut, topic areanya adalah nasabah, jenis transaksi, wilayah, kantor cabang, dsb. B. In-depth reporting Software Business Process Management (BPM) memang mampu memberikan report dan analisis, namun cukup sederhana dan hanya bertolak pada kondisi intern. Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses data untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan (Stevans, 2008). Business Intelligence dana knowledge warehouse adalah dua hal yang berbeda namun hampir tidak bisa dipisahkan.business intelligencebusiness intelligence

Beberapa kendala lain adalah bahwa dengan MS Excel, information yang tersedia untuk bermain-predominant” terbatas kepada information yang telah di-export ke file excel terebut, ketika dibutuhkan kolom lainnya, maka users harus meminta IT Department untuk menambahkan data tersebut. Struktur MOLAP ini tidak tersimpan pada datawarehouse tapi tersimpan pada OLAP server.

Suatu solusi Business Intelligence yang baik memerlukan sumber knowledge yaitu information warehouse. Yang membedakan persepsi terhadap Data Mining adalah perkembangan teknik-teknik Data Mining untuk aplikasi pada database skala besar. Dalam beberapa implementasi data warehouse, information mart adalah miniature information warehouse. Kemampuan untuk menambahkan atau menghapus kolom kustom sebagai dimensi dan tindakan adalah operasi yang mudah.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Huseyin Ince dan Bora Aktan (2009), peneliti membandingkan kinerja dari model penilaian kredit menggunakan pendekatan tradisional dan artificial intelligence (discriminant evaluation, logistic regression, neural networks, classification, and regression tree). Business intelligence ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari knowledge dan informasi, dan untuk membantu supervisor dalam memahami kondisi perusahaannya saat ini. Business Intelligence Savvy Manager’s Guide, Morgan Kaufmann Publishers, San Francisco.

Business Intelligence lahir untuk menjawab tantangan yang tidak bisa dipenuhi oleh commonplace reporting, yaitu yang berkaitan dengan empat hal: accessibility, timeliness, format, information integrity. Level teratas dari piramida reporting adalah manajemen senior yang mungkin hanya butuh dashboard yang menyuguhkan ringkasan informasi yang kritis dalam satu halaman. Tahap ini dilakukan evaluasi dan terhadap kebutuhan bisnis yang memberi dorongan terhadap pengembangan awal dari suatu proyek Business Intelligence. Business Intelligence atau yang kerap disingkat BI biasanya mengekstrak knowledge dari beragam sumber.business intelligence