Business Intellegence Technologies Innovation, Integration, Intelligence

Business intelligence ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari information dan informasi, dan untuk membantu manager dalam memahami kondisi perusahaannya saat ini. Secara singkat, Business Intelligence atau lebih sering disingkat BI (baca: bi – ai) adalah seperangkat solusi sistem informasi yang dapat menuntun kepada percepatan pengambilan keputusan dalam tingkat akurasi yang tinggi (valid). Dalam penerapan Business Intelligence di berbagai bidang maupun perusahaan pasti mempunyai tujuan yang sama tanpa terkecuali.business intelligencebusiness intelligence

Sedangkan BI mampu menyediakan informasi untuk isu-isu bisnis yang lebih besar pada degree strategis. Sementara itu tujuan utama BI adalah menyuguhkan beragam informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna yang jelas berbeda. Satu atau lebih database BI akan menyimpan information bisnis dalam bentuk rinci atau kumpulan, tergantung pada kebutuhan laporan dari komunitas bisnis.business intelligence

Apapun skema yang dipakai, tipe tabel pada knowledge warehouse adalah truth tables dan dimension tables. Memberdayakan investasi pada sumber daya yang ada dan infrastruktur nya dengan cara mengumpulkan knowledge dari berbagai sumber Data yang ada. Dengan penerapan Business Intelligence pada perusahaan, diharapkan manajemen informasi akan dengan mudah diatur seperti pembuatan laporan, pengisian knowledge-knowledge baru, dan lain-lain. Tantangan terbesar dari keseluruhan proyek pengambilan keputusan BI adalah kualitas dari sumber information.

Salah satu penerapan buyer credit evaluation adalah penerapan mannequin penilaian kredit nasabah (Ince & Aktan, 2009). Sebuah perusahaan dapat menggunakan enterprise intelligence untuk membantu perusahaan tersebut untuk memperoleh banyak informasi yang lebih akurat dari sebelumnya. Data mart adalah suatu bagian pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan.

Penerapan enterprise intelligence pada industri perbankan merupakan kunci sukses dalam mengefisiensikan dan mengefektifkan kegiatan bisnis utama dengan kemampuan dalam mendapatkan, mengelola dan menganalisa data nasabah, produk, layanan, kegiatan operasi, pemasok dan rekan kerja dalam jumlah yang sangat besar. Terkait dengan hal tersebut, sumber information pada organisasi yang kompleks dan besar biasanya perlu diolah agar dapat digunakan baik oleh sistem tersebut.