Business Intellegence Technologies Innovation, Integration, Intelligence

As business intelligence strikes into the pc age, company dashboards are becoming a necessity in enterprise intelligence technology. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri. Jika pengambilan keputusan untuk membangun suatu tempat penyimpanan data dari pada yang berlisensi, sebuah team terpisah dan biasanya ditugaskan dengan sebuah proses pengembangan. Janji Business Intelligence adalah kemampuan untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan, produk, dan pasar.

Business intelligence itu sendiri adalah sebuah istilah manajemen bisnis yang berkenaan dengan aplikasi dan teknologi yang digunakan untuk mengambil, menyediakan dan menganalisa knowledge dan informasi mengenai operasi perusahaan. Dari perspektif pemrograman (Programming), AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search). Business Intelligence Software (BI) secara singkat juga dikenal sebagai dashboard.

Strategis disini artinya adalah dapat mendukung pengambilan keputusan dalam frame waktu yang semakin baik dari hari ke hari. Technologies yang dimaksud disini adalah perangkat keras, dan perangkat lunak yang berpengaruh sangat besar dalam memfasilitasi pengembangan dari sebuah sistem enterprise intelligence di dalam setiap perusahaan. Pada tingkat operasional, indikasi perbankan, keuangan dan makroekonomi diikuti untuk menyediakan panduan untuk keputusan sehari-hari dalam kerangka kebijaksanaan pemerintah. Setiap aplikasi Business Intelligence harus disesuaikan dengan biaya dan menjelaskan keuntungan secara jelas tentang penyelesaian masalah bisnis atau mengambil keuntungan dari peluang bisnis.

Apapun skema yang dipakai, tipe tabel pada knowledge warehouse adalah reality tables dan dimension tables. Memberdayakan investasi pada sumber daya yang ada dan infrastruktur nya dengan cara mengumpulkan information dari berbagai sumber Data yang ada. Dengan penerapan Business Intelligence pada perusahaan, diharapkan manajemen informasi akan dengan mudah diatur seperti pembuatan laporan, pengisian information-information baru, dan lain-lain. Tantangan terbesar dari keseluruhan proyek pengambilan keputusan BI adalah kualitas dari sumber information.

Proses business intelligence meliputi lima tahapan yaitu Pengumpulan information, Analisis information, Kesadaran situasi, Penilaian risiko, dan Dukungan pengambilan keputusan. Non-Volatile Karakteristik keempat dari data warehouse adalah non-risky,maksudnya data pada data warehouse tidak di-replace secara actual time tetapi di refresh dari sistem operasional secara reguler. Salah satu contoh pada responsiveness adalah industri kesehatan, penggunaan BI berjasa mencegah penyebaran suatu penyakit/wabah secara luas (outbreak).business intelligencebusiness intelligencebusiness intelligence