Best Business Intelligence Software Reviews & Comparisons

Business Intelligence (atau dalam tatanan Bahasa Indonesia bisa diartikan Kecerdasan Bisnis secara umum dikenal dengan istilah BI) diartikan secara umum sebagai suatu kumpulan teori, metode, proses, arsitektur dan teknologi yang mengubah knowledge menjadi informasi yang bermanfaat dan berarti untuk kepentingan bisnis. Berdasarkan pendapat ahli diatas, menurut pendapat saya Business Intellegence adalah sebuah proses memanipulasi information baik berupa mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan meringkas information baik dari intern perusahaan ataupun dari bisnis pesaing untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bagi pejabat perusahaan. Sistem business intelligence mendukung 2 tipe dasar dalam fungsi analitikal: pelaporan dan online analytical processing (OLAP).

Cara kedua mengubah database OLAP adalah untuk menentukan unsur information yang terdapat di database tertentu. Menurut DJ Powers (2002), Business Intellegence menjelaskan tentang suatu konsep dan metode untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis berdasarkan sistem dan berbasis information. Tergantung pada kebutuhan untuk membersihkan information dan mengubah knowledge yang telah dibangun selama proses evaluation knowledge dan proses merancang ETL. Dari SPK, gudang information, Sistem Informasi Eksekutif, OLAP dan inteligensi bisnis muncul menjadi fokus pada akhir eighty-an.

Jika diartikan, Business Intelligence adalah rangkaian aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyuguhkan akses information untuk membantu petinggi perusahaan dalam pengambilan keputusan. Data mart adalah suatu bagian pada knowledge warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa knowledge pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan. Melalui penerapan Business Intelligence ini, sebagian maupun seluruh data dan informasi dapat di integrasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga menghasilkan beberapa keputusan yang lebih lengkap.business intelligencebusiness intelligence

Untuk hal ini pada perbankan, Business Intelligence dapat dipakai untuk mengelola information-information yang begitu sensitif seperti data rekening nasabah, laporan keuangan, dan lain-lain. Menurut William & Sawyer (2011, p164), Database adalah setiap koleksi information yang disimpan secara elektronik dalam sistem komputer. Dalam Microsoft Office Project Server 2007, fokus untuk pelaporan adalah pada infrastruktur, di mana kami menyediakan infrastruktur untuk membuat knowledge laporan yang tersedia dapat diakses. Salah satu contoh pada industri kesehatan, penggunaan BI berjasa mencegah penyebaran suatu penyakit/wabah secara luas (outbreak).business intelligence

Fungsi-fungsi umum dari teknologi inteligensi bisnis adalah pelaporan, pemrosesan analisis daring, analitis, penggalian data, penggalian proses, pemrosesan kejadian kompleks, manajemen performansi bisnis, pengukuran, penggalian teks, analitis prediktif dan analitis preskriptif. ETL merupakan komponen dasar dari sistem business intelligence karena kualitas data dari komponen lain tergantung pada proses ETL. Jargon Business Intelligence pertama kali dituturkan oleh Howard Dresner dari lembaga riset Gartner Group pada tahun 1989.